9.10: so far so good...

Yak. Dengan DVD eksternal pinjeman dari SMA sebelah (1 TB thanx 4 Ms. Resa!), akhirnya KK berhasil diinstal ke notbuk. Tampilan sudah berubah sejak proses instalasi, namun langkah-langkahnya tidak berbeda dengan versi sebelumnya dan mudah diikuti. Setelah dijalankan, booting terasa lebih cepat sedikit dari 9.04. Setelah menjalankan update dan penambahan codec untuk MP3, DVD dll. semuanya berjalan seperti yang diharapkan. Proses mount dan unmount USB drive (Flash dan HD eksternal) terasa lebih cepat, namun ada juga yg mount-nya agak lambat, mungkin tergantung dari kualitas atau tipe USB drive-nya. Penambahan sejumlah aplikasi yang biasa saya gunakan juga berlangsung memuaskan, walaupun donlot dilakukan secara nirkabel/melalui hotspot. OpenOffice telah menggunakan versi 3.1 dan Firefox 3.5. Kesimpulan dari instalasi yang saya jalankan seperti ini:

  • Booting dan mounting/unmounting relatif lebih cepat
  • Tampilan desktop semakin halus dan elegan, hampir seperti Mac (terutama desain ikon-ikon panel atas)
  • Ada seri wallpaper bercorak angkasa luar yang bisa berganti secara otomatis seperti di KDE
  • Suara yang dihasilkan speaker lebih keras dari versi sebelumnya
Namun ada juga kekurangan yang saya alami dan belum ketemu solusinya: pada Evolution, backup yang saya buat tidak bisa direstore, disertai pesan:

Please select a valid backup file to restore.

File backup ini berupa .tar.gz dan pada 9.04 sudah beberapa kali saya restore, karena saya sempat menginstal ulang saat memakai 9.04. Jika ini karena format .tar.gz dan bukan .deb, semestinya bukan masalah karena saya sudah menginstal Alien. Atau ada penyebab lain? Well, tunggu kabar selanjutnya.

Postingan populer dari blog ini

Cara mengganti boot screen pada Ubuntu